Pengalaman Menginap Di Colmar Tropicale Malaysia

Pengalaman Menginap Di Colmar Tropicale Malaysia - Colmar Tropicale adalah penginapan di Malaysia yang dibuat menyerupai kota kecil Colmar pada abad ke 16, yang lokasinya berada di Timur Laut Alsace, Perancis
Arsitekturnya juga diadopsi dari desa Riquewihr, Turckheim dan Kaysersberg. Ide pembuatan desa bertema Perancis ini karena Perdana Menteri Ke 4 malaysia Tun Dr. Mahathir bin Mohamad sangat terkesan ketika berkunjung ke Colmar, sehingga menginspirasi pendiri Berjaya Foundation untuk membuat Colmar Town di Malaysia.
restoran yang menyajikan makanan lokal maupun interlokal internasional, selain itu, Colmar Tropical juga bisa dikunjungi sebagai tempat wisata (tidak harus menginap) dengan membayar tiket masuk tentunya
Karena naksir banget dengan foto-foto yang pernah di share teman, akhir 2015 lalu saya menginap disana 1 malam. Kami berangkat dari Batam, lalu menginap 1 malam di Kuala Lumpur.
Pengalaman Menginap Di Colmar Tropicale Malaysia

Transportasi Menuju Colmar Tropicale

Dari Kuala Lumpur, Butuh 1 jam berkendara kesana, karena Colmar Tropicale tidak dilalui angkutan umum, saya menghubungi sales mereka melalui telepon untuk memesan bis shuttle. 
Tapi ternyata semua kursi untuk beberapa jadwal bis hari itu sudah penuh terisi. Tak ada pilihan lain selain taksi.
Kami memesan taksi melalui staff hotel tempat kami menginap di Kuala Lumpur,
Selama di perjalanan mata dimanjakan oleh pemandangan hutan hujan tropis yang lebat dan lembab, saya mendapat kesan kalau Malaysia cukup merawat kebersihan jalan keluar kota, tidak ada sampah dipinggir jalan, tidak ada pedagang asongan berjualan sembarangan, seperti yang biasanya kita saksikan dimana-mana di negeri kita, mungkin juga jalanan yang kami lalui itu termasuk jalan yang "diperhatikan" mengingat jalan itu juga dipakai untuk menuju Genting Highland,  lokasi wisata keluarga dan salah satu tempat judi yang cukup termasyur di planet bumi. Dijalan kami singgah membeli Dunkin Donuts, karena sudah mendengar kabar kalau harga disana cukup mahal, kudu hemat ya boo :)
Kami membayar 95 Ringgit untuk biaya taksi (termasuk biaya tol), tiket masuk colmar sebesar RM 13/orang (akan di refund ketika check out dari hotel). Biaya ini juga akan dibayar oleh masyarakat umum yang berwisata kesini tanpa menginap.
Tidak seperti hotel/resort pada umumnya yang menyediakan area drop off tamu di bagian depan, Colmar tidak memperbolehkan tamu diturunkan didepan resort, kami diturunkan di area parkir di basement.
Untuk taksi kembali ke KL kami harus membayar RM 150 kepada supir taksi yang sama, karena si supir beralasan, dia harus menjemput kami dengan kursi kosong, sedangkan ketika mengantar dia singgah di Genting Highland untuk mengambil penumpang yang menuju Kuala Lumpur, dan menurutnya sangat mudah mendapatkan penumpang disana. 
Walau penjelasannya cukup masuk akal, saya masih tetap merasa dia memanfaatkan kami karena dia tahu, pilihan kami hanya taksi yang disediakan pihak hotel sebesar RM 200.

Harga Kamar

Kami membayar sekitar RM 323.33 atau sekitar 1.050.000,- sebelum pajak dan service charge
Sarapan.
Seperti umumnya pada resort dan hotel, sarapan sudah termasuk dalam harga kamar, karena harga kamarnya "lumayan" saya sudah berharap sarapan akan cukup istimewa. 
Ternyata biasa saja, tidak lebih baik dari hotel-hotel kelas bintang 3.Rasanya ala kadarnya.
Pemandangan disekeliling tempat ini adalah hutan hujan  tropis yang lembab dan sejuk, banyak kabut melintas dipagi dan sore hari, siapkan sweater ketika keluar ruangan.

Aktivitas di Colmar Tropicale

Selain berfoto-foto narsis, Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan disana, beberapa tempat tidak dipungut biaya bagi tamu yang menginap, namun tidak semua. 
Reception akan memberikan semacam kartu kecil sebagai akses masuk ke tempat-tempat tersebut.

Animal Farm

Namanya sih Animal farm, tapi binatang yang ada didalam cuma kelinci, rusa totol, rusa tanduk, dan keledai, nggak ada gajah, macan tutul, apalagi singa. 
Kelinci-kelinci ada didalam kandang, ada juga yang dibiarkan bebas namun masih dalam pagar, jadi kita bisa berinteraksi menyentuh atau memberi makan (makanan ada dijual di tempat membeli tiket), tapi pengunjung dilarang untuk menggendong kelinci-kelinci tersebut, apalagi rusa, apalagi kuda, kalo boleh emangnya sanggup gendongnya?
O ya, untuk umum musti membayar 3 ringgit untuk masuk tempat ini.]

Japanese Garden

Ini adalah taman-taman berisi bunga-bunga, pohon, dan tumbuhan lain yang membuat anda berfikir ini adalah taman, bukan pasar. 
Ada sungai kecil mengalir lengkap dengan ikan koi dan ikan kecil-kecil lainnya, dan tangga-tangga dari batu yang disusun, ada juga batu-batu besar (yang sepertinya) yang memang dari sononya sudah terletak disitu. 
Saya tidak pernah tahu seperti apa taman di jepang sana, jadi tidak bisa membandingkan taman ini dengan taman asli dijepang sana.
Kami melewati sebuah rumah bergaya jepang yang didalamnya berdiri seorang wanita yang memakai kimono. Dia lalu menawarkan berfoto dengan kostum kimono dengan harga RM20/orang.

Botanical Garden

Tempat ini adalah hutan hujan tropis yang lebat dan lembab, yang dipermanis dengan bunga-bunga dan tangga dan jalan setapak. 
Dipintu masuk ada peringatan untuk pengunjung untuk tidak memberi makanan binatang liar dan waspada terhadap mereka.
Kegiatan lain yang bisa diikuti diantaranya menunggang kuda, keledai, flying fox yang katanya terpanjang di Asia, bersepeda, trekking dan lain-lain
Luas tempat ini tidak kurang dari 80 hektar yang berada di ketinggian 822 meter diatas permukaan laut (cukup sejuk ketika saya disana)
Ada juga menara yang bisa dinaiki untuk melihat pemandangan tempat itu dari ketinggian.
Jadi kalau mau repot, selain makan, mending bawa jajanan dari Kuala Lumpur dan Teh atau kopi, karena di kamar tersedia kettle untuk memasak air.

Transportasi di Dalam Colmar Tropicale

Tempat-tempat di Colmar Tropicale cukup jauh, pihak hotel menyediakan shuttle bus untuk pengunjung. 
(Katanya sih) Jadwal bis akan ada setiap jam, tapi waktu kami disana bis tidak selalu tepat waktu, jadi siapkan waktu jika anda akan check out atau ada rencana aktifitas lainnya
Harga Makanan disini cukup bikin kita "mikir". 
Kami makan siang dengan steak ayam tanpa tulang, kentang goreng atau kalau orang dikampung saya bilangnya french fries yang dingin dan nggak begitu enak dengan harga total sekitar RM 87 dan RM 106 untuk 2 buah pizza, french fries dan minuman ringan.

Post a Comment

Previous Post Next Post